?>
  • Omiyago_Biji_Kopi_Aceh_Gayo_100gr
  • Omiyago_Biji_Kopi_Aceh_Gayo_100gr
  • Omiyago_Biji_Kopi_Aceh_Gayo_100gr

Omiyago Biji Kopi Aceh Gayo 100gr

100 gr (bean)

Bahan Dasar

Biji Kopi Arabika Aceh Gayo

Rp75,000 Rp45,000
Deskripsi

Kopi Aceh Gayo Omiyago Bean


KOPI ACEH GAYO terbuat dari biji kopi arabika pilihan yang ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh. KOPI GAYO ini merupakan kopi yang ditanam dan diproses secara organik, dengan karakteristik kekentalan dan aroma kopi yang kuat, kemudian rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak sepat. Tingkat keasaman yang cukup rendah menjadikan kopi gayo cukup aman dikonsumsi bagi para pemula pecinta kopi. Dengan after taste rasa rempah (spice) membuat citarasa kopi gayo semakin Unik. Kopi gayo Omiyago merupakan produk pilihan Tuti Mochtar seorang ahli kopi dan juga salah satu petinggi asosiasi speacialty kopi Indonesia.

Karakter Rasa Kopi Aceh Gayo


Karakter rasa kopi gayo adalah aroma yang  sangat kuat tingkat keasamannya rendah dengan sedikit rasa rempah. Rasa kopi aceh gayo yang kuat namun tidak pahit membuatnya sangat digemari, terutama di Luar negri di benua amerika dan benua eropa.  Karakter rasa yang mangat  bersih  membuatnya sering digunakan  sebagai campuran house blend.
Perkebunan kopi  di desa atau daerah Gayo, Aceh Tengah rata-rata berada pada ketinggian 1.000 hingga 1.200 mdpl. Lokasinya berada di sekitar kota Takengon dan dekat dengan Danau Tawar. Kebanyakan suku yang bermukim di daerah itu adalah orang Gayo.

Karakter rasa kopi gayo sebetulnya hampir mirip dengan kopi kopi dari daerah  Sumatera pada umumnya, perbedaan nya  adalah pada saat setelah mencicipi nya itu sangat bersih. Karena karakter rasa dari biji kopi gayo.
Ada lebih dari satu  kelompok tanaman atau varietas dan berbagai macam rasa kopi gayo yang dapat Anda temukan di pasaran. Kelompok tanaman yang paling banyak di dual belikan dan di pelihara di kembangkan adalah timtim dan red bourbon. Ini disebabkan oleh kebiasaan petani di sana yang menanam kelompok tanaman berbeda dalam satu lahan perkebunan.
Metode memproses  atau pengolahan pada biji kopi  yang paling banyak digunakan oleh petani di daerah Gayo adalah metode kering. Proses ini menjadi salah satu faktor yang membuat rasa  kopi gayo cenderung manis.
Latar belakang Kopi Gayo
Perkebunan atau lahan kopi yang telah diluaskan atau di kembangkan ini sejak tahun 1980 telah tumbuh subur di kabupaten bener meriah, aceh tengah dan sebagian kecil wilayah Gayo. Ke 3 wilayah ini yang berada di ketinggian 1200 m di atas permukaan laut tersebut memiliki perkebunan atau lahan kopi terluas di wilayah indonesia, yaitu sekitar 81.000 hektar. Masing-masing 42.000 hektar berada di kabupaten bener meriah, selebihnya (39.000 hektar) di aceh tengah. Penduduk Gayo berkerja sebagai petani kopi dengan dominasi varietas Arabika. Pembuatan kopi arabika yang dihasilkan dari Tanah Gayo ini known katanya merupakan yang terbesar di wilayah asia.
Adapun penyebaran tanaman kopi di indonesia dibawa seorang warga negara belanda pada abad ke-17 yang berhasil mendapatkan biji arabika mocca dari Arabia ke Jakarta atau Batavia. Kopi Arabika itu pertama kali ditanam dan dikembangkan di wilayah jatinegara, jakarta timur, menggunakan tanah partikelir Kesawung yang sekarang lebih di kenal daerah Pondok Kopi.
Perluasan untuk menyebarkan kopi arabika selanjutnya dari tanaman kopi tersebut sampai ke wilayah kawasan tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Dari dulu dari masa kolonial belanda hingga saat ini kopi gayo khususnya telah menjadi mata pencarian yang utama, warga mayoritas Gayo bahkan telah menjadi satunya center tanaman kopi kualitas terbaik ekspor diwilayah Aceh Tengah. Tidak Hanya itu ada beberapa bukti arkeologis atau bukti sejarah berupa sisa pabrik pengeringan kopi masa penjajahan kolonial Belanda di Desa Wih Porak, kecamatan silih nara, Aceh Tengah telah memberikan kejelasan bahwa kopi pada masa yang lalu pernah menjadi perkembangan penting perekonomian.

Pasar perdagangan kopi gayo di internasional


Kopi arabika gayo cukup dikenal di dunia internasional karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika ketika di test rasa serta aroma nya,  di gayo hampir punya memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia, ini  juga disebabkan oleh beberapa faktor  antara lain ketinggian dan beberapa aspek lain yang menjadikan kopi arabika gayo terbaik, ini juga pernah dibuktikan dengan beberapakali kopi arabika gayo berhasil meraih penghargaan atau awards sebagai kopi terbaik dunia. Meski dari itu, terjadi krisis di eropa, tak mengurangi penikmat atau pecinta kopi asal dataran tinggi tanah gayodi pasar dunia internsional. Kopi arabika gayo dari wilayah gayo juga merupakan kopi arabika  yang sangat mahal di dunia ini telah terbukti pada saat itu pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi SCAA,  Negara tujuan terbesar ekspor kopi asal Dataran Wilayah tinggi gayo yang meliputi Kat Aceh Tengah, Benermeriah, Gayo itu adalah  Amerikaserikat dan Eropa.

Filosofi Kopi Gayo


1.tanaman yg tumbuh di dataran tinggi pegunungan aceh, artinya adalah peng gambaran sola harga diri diatas segalanya.

2. memilih dan memilah hasil panen, bijinya  seperti menggambarkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan.
3.Cara menuangkan kopi yang disaring berkali kali dengan tempat saringan  yang berbeda itu digambarkan bahwa keberhasilan dan kesuksesan membutuhkan perjuangan yang extra, secara terus-menerus dan konsisten.
4.Cara menyajikan kopi nya menggambarkan semua yang telah kita peroleh selama ini adalah hadiah atau gift yang sempurna dari Allah swt yang  harus selalu disyukuri sepenuh hati.
Sebelum meminum dengan tenang, terebih dahulu mencium aroma dari kopi Gayo telah penuh di rongga mulut dan hidung. Tanpa meminumnya rasa kopi gayo seperti  menari-nari dengan imajinasi yang begitu menggoda. Pelan-pelan menikmati dan seruput kopi sambil memejamkan mata. Sensasi seperti ini  jelas menghasilkan imajinasi yang berbeda. Rasa pahit mengantar ke cita rasa tertinggi tapa gula.

Proses Pengolahan Biji Kopi dengan metode proses basah


Biaya yang dikeluarkan produksi menggunakan proses basah lebih mahal dibandingkan produksi menggunakan proses kering. Produksi menggunakan Proses basah sangat sering dipakai pada saat mengolah kopi arabika. kenapa, Alasannya adalah karena kopi jenis arabika ini dihargai harga yang cukup tinggi. Sehingga biaya produksi pengolahannya pun yang dikeluarkan masih sangat sebanding dengan harga yang akan diterima.
Proses Pengolahan Biji Kopi dengan metode proses Kering
Proses produksi pengolahan kering lebih sering digunakan untuk mengolah biji kopi robusta. Alasannya, karena kopi robusta tidak semahal kopi arabika. Peralatan pengolahan yang diperlukan untuk pengolahan produksi proses kering lebih sederhana dan kerja lebih sedikit, sehingga bisa menekan dan menghemat biaya produksi.


Pengemasan dan Penyimpanan Kopi


Pengemasan biji kopi dengan karung yang bersih dan dijauhkan dari aroma bau-bauan. Untuk penyimpanan yang lama, tumpuk karung-karung tersebut diatas sebuah palet kayu setebal 10 cm. Berikan jarak antara tumpukan karung dengan dinding gudang.
Cek suhu ruangan Kelembaban gudang sebaiknya dikontrol pada kisaran(RH) 70%. Pergudangan bertujuan untuk menyimpan biji kopi sebelum didistribusikan kepada pembeli atau customer.

Produk Terkait

kopi-robusta-banyuwangi-r-ma

Kopi Robusta Banyuwangi R Ma

Rp 51,000

Kini Kopi Robusta dari brand R Ma Kopi yang asli...

robusta-coffee-indische-coffee

Robusta Coffee Indische Coffee

Rp 37,000

Kini Robusta Coffee dari brand Indische Coffee y...

kopi-paranginan-madu-parco

Kopi Paranginan Madu Parco

Rp 74,000

Kopi paranginan madu, Kopi Arabika yang tereks...

honey-coffee-indische-coffee

Honey Coffee Indische Coffee

Rp 48,000

Jual Honey Coffee Indische Coffe. Kopi ini terbu...

beans-coffee-motion-store

Beans Coffee Motion Store

Rp 169,000

  Kini Beans Coffee, produk kopi dari ...

omiyago-kopi-toraja-marinding-250-gr

Omiyago Kopi Toraja Marinding 250 gr

Rp 125,000

Kopi Toraja Marinding, terbuat dari kopi Arabika...

kopi-robusta-naga-sanghie

Kopi Robusta Naga Sanghie

Rp 71,000

Kopi Naga Sanghie, merupakan jenis kopi robust...

coconut-coffee-bali

Coconut Coffee Bali

Rp 62,000

Coconut coffee Bali, terbuat dari kopi Kintama...

omiyago-kopi-papua-baliem-drip-bag

Omiyago Kopi Papua Baliem Drip Bag

Rp 75,000

Terbuat dari kopi arabika kualitas premium yang ...

dayak-coffee-pasak-bumi-kaltfood

Dayak Coffee Pasak Bumi KaltFood

Rp 138,000

Dayak Coffee Pasak Bumi Kaltfood kini bisa dipes...


Produk Populer

Omiyago Jahe Merah Instan

Omiyago Jahe Merah Instan

Rp 25,600

Jahe Merah Instan kini hadir sebagai salah sat...

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Paket Napoleon Keju & Cokelat

Rp 269,000

Bolu Napoleon kini hadir dan bisa dipesan di Omi...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...

Halua Kenari Oma Yuli

Halua Kenari Oma Yuli

Rp 78,000

Halua Kenari Omya Yuli kini hadir dan bisa dipes...

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Rp 31,000

Makaroni Kakarak merupakan camilan yang terbua...

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Makaroni Kakarak Jagung Manis

Rp 31,000

Makaroni Kakarak merupakan camilan yang terbua...

Halua Kenari Oma Yuli

Halua Kenari Oma Yuli

Rp 78,000

Halua Kenari Omya Yuli kini hadir dan bisa dipes...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...

Pia Tomcir Keju Susu

Pia Tomcir Keju Susu

Rp 56,000

Pia atau Bakpia Tomcir kini hadir dan bisa dipes...