Hidangan Ayam & Bebek

Ayam "Ungkep" Taliwang @200gr

Rp‎ 67.000
Ayam "Ungkep" Taliwang @200gr - Encim

Saran penyajian

Ayam Ungkep Taliwang dapat dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan dengan plecing kangkung dan nasi hangat.

Bahan Dasar

Ayam, Kunyit, Jahe Cabai, Bawang, Garam, Terasi, Sereh, Kemiri, Ketumbar dan Bumbu Rempah

Ayam Ungkep Taliwang

Salah satu unsur warisan budaya kuliner yang menjadi ikon makanan khas Suku Sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah Ayam Taliwang. Ayam Taliwang merupakan olahan ayam kampung yang diramu dengan bumbu-bumbu khas yang kemudian dibakar sehingga memberikan cita rasa yang kuat.

Perkembangan kuliner Ayam Taliwang di Lombok erat kaitannya dengan keberadaan masyarakat Karang Taliwang di Kota Mataram, NTB. Masyarakat Karang Taliwang merupakan masyarakat yang pertama kali mengolah ayam menjadi makanan khas dan memperkenalkannya sebagai kuliner Ayam Taliwang. Ketenaran Ayam Taliwang ini sudah dikenal sejak tahun 1960-an. Masyarakat mengolah Ayam Taliwang dengan membakar ayam dengan campuran bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam serta terasi. Pasa masa itu, Ayam Taliwang merupakan salah satu makanan istimewa yang digunakan sebagai hidangan pada saat-saat tertentu.

Pada proses pembuatannya, ayam diungkep terlebih dahulu menggunakan api kecil selama beberapa saat agar bumbu lebih meresap serta ayam menjadi lebih empuk. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan makanan khas Lombok yang lain, seperti plecing kangkung.

Produk Terkait


or

Silakan masukkan alamat email Anda untuk membuat akun.

or


Beranda
Produk
Troli
Akun